The Little Prince

Image

Judul : The Little Prince

Pengarang : Antoine de Saint-Exupery

Penerbit : Gramedia

Tebal Buku : 108

Rating : 5 dari 5 Bintang

Saya lupa apa yang pertama sekali membuat saya tertarik membaca buku ini. Tetapi mungkin karena cover bukunya yang menurut saya menarik. Saya tertarik, itu saja,lalu saya membeli dan membacanya.

Sebentar saja setelah saya membaca halaman pertama dari buku ini, saya yakin saya akan menyukai buku ini. Buku ini membuat saya jatuh cinta pada buku The Little Prince.Apalagi buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi gambar berwarna yang menarik. Saya tidak keberatan untuk membaca buku ini secara berulang.

Buku Pangeran Kecil ini bercerita tentang seorang pangeran kecil, yang berkelana meninggalkan planet mungilnya. Sewaktu berkelana di jagad raya dia menemukan bahwa orang dewasa memang orang yang aneh. Puncak petualangannya adalah bumi.

Kisah ini dimulai dengan seorang dewasa yang merasa orang dewasa itu aneh. Dia merasa orang dewasa aneh karena gambarnya tentang “Topi dan Boa Pembelit. ”

Image

Sewaktu dia menunjukkan gambar itu kepada orang dewasa mereka mengatakan itu adalah gambar topi (Gambar atas). Tetapi itu adalah gambar boa pembelit yang menelan gajah.Jadi dia menggambarkan bagian dalam boa pembelit (Gambar bawah). Dan yang didapatnya dari orang dewasa adalah “berhenti menggambar.”Maka sejak kejadian itu (berusia 6 tahun ) dia berhenti menggambar dan mulai mempelajari apa yang disebut orang dewasa dengan ilmu. Dia belajar geografi, sejarah, aritmatika dan tata bahasa.

Sampai akhitrnya saat dia melakukan pendaratan darurat di Gurun Sahara. Mesin pesawatnya ada yang rusak, dan dia tidak membawa penumpang atau teknisi, dan harus memberanikan diri memperbaiki pesawatnya sendiri. Di tengah  gurun yang tidak ada manusianya itu dia dikagetkan dengan seorang “pangeran kecil” yang mengaku dirinya jatuh dari langit.

Image

Kalimat pertama yang diucapkan pangeran kecil adalah “ Tolong …gambarkan biri-biri untukku !”

Terkejut , apalagi dia sudah berhenti menggambar sejak orang dewasa mematahkan semangatnya menggambar sewaktu berusia 6 tahun. Maka dia menggambarkan satu-satunya gambar yang pernah dia buat yaitu boa pembelit, dan pangeran kecil berkata “Tiidak!tidak!tidak! aku tidak mau gajah dalam boa pembelit. Boa itu sangat berbahaya dan gajah sangat tidak praktis.

Perkataan itu jelas membuatnya terperangah. Maka dia mencoba menggambarkan seekor biri, dan pangeran kecil mengatakan biri-biri itu sepertinya sakit parah. Maka dia menggambarkan seekor biri-biri yang lain, dan dia mengatakan itu adalah kambing jantan. Maka dia menggambar lagi dan kali ini pangeran kecil mengatakanbahwa itu adalah biri-biri yang sudah tua. Dia mau biri-biri yang bisa hidup lama. Maka dengan terburu-buru dia menggambar.

Image

Dia menjelaskan “ Ini kotaknya. Biri-biri yang kau inginkan ada di dalamnya.”

Dan dia heran pangeran kecil tersenyum senang dan menerima gambar itu.

Dari pembicaraan mereka dia tahu pangeran kecil berasal dari planet yang tidak lebih besar dari rumah. Setiap hari dia mempelajari planet pangeran kecil. Karena planetnya sangat kecil dia harus membunuh bayi-bayi baobab sebelum mereka menjadi besar. (Percaya atau tidak aku baru tahu ada pohon bobab dan aku sangat menyukai pohon ini ). Dan biri-biri yang diagambarkannya diharapkan bisa memakan bayi-bayi baobab itu sebelum mereka menjadi besar. Di planet pangeran kecil untuk melihat matahari terbenam hanya tinggal mengangkat kursi dan berjalan beberapa langkah saja. Dan pangeran kecil sangat menyukai matahari terbenam. Planet pangeran kecil hanya berisikan satu bunga berduri yang nantinya setelah kunjungannya kebumi dia tahu bahwa bunga itu bernama mawar. Dia memiliki tiga gunung merapi dan satu gunung sudah mati.

Dalam petualangannya, berkelana di jagad raya , planet pertama yang dijumpai berisikan seorang raja.

‘Ah ini dia ada rakyat datang “ seru raja ketika melihat pangeran kecil. Dan pangeran kecil heran kenapa dia bisa mengenali dirinya padahal mereka belum bertemu.

Pangeran kecil tidak tahu bahwa bagi para raja, dunia ini sangat sederhana. Semua orang selain dirinya adalah rakyat. Raja inilah orang dewasa pertama yang dianggapnya aneh.
Image

Planet kedua yang didatanginya dihuni oleh orang angkuh, yang hanya mau menerima pujian. Inilah orang dewasa kedua yang dirasanya aneh.

Image

Planet ketiga yang dikunjunginya dihuni oleh peminum. Peminum ini mengaku meminum karena ingin melupakan bahwa dirinya adalah peminum. Ini adalah orang dewasa ketiga yang membuatnya heran.

Image

Planet keempat yang dikunjunginya dihuni oleh pengusaha. Pengusaha ini mengaku memiliki bintang-bintang. Pangeran kecil berpikir bahwa ia memiliki sesuatu jika dia berguna untuk yang dimilikinya itu. Dia merasa pengusaha ini tidak berguna bagi bintang-bintang itu. Ini adalah orang dewasa keempat yang dianggapnya aneh.

Planet Kelima yang dikunjunginya dihuni oleh orang yang pekerjaannya menghidupkan dan mematikan lampu jalan. Ini adalah orang dewasa kelima yang dianggapnya aneh, walaupun dialah orang dewasa yang paling bisa dimengerti dibanding orang-orang dewasa sebelumnya.

Image

Planet keemam yang dikunjunginya dihuni oleh geografer.Dari gografer inilah akhirnya pangeran kecil memutuskan Bumi menjadi planet yang akan dikunjunginya dalam kunjungan selanjutnya.

Image

Planet ketujuh yang dikunjungi pangeran kecil adalah Bumi(dan tempatnya adalah gurun pasir). Mahluk pertama yang dijumpainya di bumi adalah ular. Dia heran mengapa mahluk itu berbicara dengan teka-teki. Selanjutnya dia bertemu dengan setangkai bunga. Bunga ini mengatakan bahwa manusia dibawa angin kesana kemari karena manusia tidak mempunyai akar. Lalu pangeran mendaki gunung tinggi (gunung di planetnya hanyalah setinggi lututnya.) Dia terus berjalan dan dia bertemu dengan begitu banyak tanaman yang mirip dengan tumbuhan di planetnya, dan ternyata itu adalah tanaman mawar. Dia terpukul mengetahui bahwa tanaman itu bukan satu-satunya ada di jagad raya, karena dia hanya punya satu di planetnya. Lalu saat dia menyadari betapa kecil planetnya, dia bertemu dengan rubah, lewat pertemuannya dengan rubah di mengerti bahwa mawarnya walau cuma setangkai jauh lebih berarti dari semua mawar yang di bumi karena dialah mawar yang dijaganya setiap hari.

Begitulah hari hari orang dewasa itu terlewati dengan mendengarkan cerita si pangeran kecil. Sampai akhirnya sesuatu terjadi dan pangeran kecil digigit ular dan harus meninggalkannya. Dia merasa kehilangan seseorang yang benar-benar begitu berarti baginya. Dia sangat sedih dan terpukul. Tetapi setelah kepulangannya(dia dikira telah hilang dan mati oleh temann-temannya) dia berhasil sedikit mengatasi kesedihannya.

Image

Ini, bagi orang dewasa itu adalah pemandangan paling indah. Karena di tempat inilah dia bertemu dengan pangeran kecil.

Dan jika seorang anak datang menghampirimu, dan tertawa, dan rambutnya keemasan, dan tidak menjawab saat kau tanya, kau dengan mudah bisa menerka siapa dia. Kalau itu terjadi, berbaik hatilah! Jangan biarkan aku begitu merana: Cepatlah menulis surat untuk memberitahuku bahwa dia telah kembali…

Vince Hutagalung

Done!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: