Kolestrol Rohani

Kolestrol itu berbahaya untuk kesehatan tubuh jika berlebihan. Biasanya untuk menjaga kolestrol tubuh ini ada diet yang dilakukan , terlebih untuk mereka yang kolestrolnya jauh di atas batas normal.

Hmmm saya pernah dengar tentang kolestrol rohani. Saya senyum-senyum jika mendengar istilah itu. Tetapi sepenuhnya saya sadar itu bukan sesuatu yang layak untuk dicandakan. Istilah ini adalah hal yang serius. Kolestrol yang berlebihan di tubuh bisa mengancam keselamatan nyawa seseorang. Jika tidak benar-benar menjaga pola makan yang baik, maka sebaiknya siap-siap lah hidup dengan permasalahan kolestrol.

 

Jadi hati-hati dengan kolestrol rohani. Kolestrol rohani ini banyak menyerang kita-kita yang sering mengaku “anak Tuhan “. Datang ke setiap ibadah, pertemuan, mendengarkan kotbah, membaca Alkitab dan ayat-ayat rohani,melafalkannya dan meghafalkannya. Apakah ini salah ? Tidak, mengikuti kegiatan-kegiatan rohani , membaca firman dan menghafalkannya sangat baik adanya. Masalahnya semua itu kita serap dan kita tidak berusaha untuk mengimplementasikannya dalam hidup kita. Hanya menjadi pendengar tetapi tidak melakukan. Menerima tetapi tidak berbagi dengan orang lain, semua buat saya.Jadi bayangkan kegemukan yang terjadi di rohani kita. Kita akan menjadi seperti Alkitab berjalan, tahu semua isi Alkitab, kalau dengar kotbah “oh aku tahu ayat itu”, jika ditegur dengan firman “saya tahu kok ayat itu .“ Hal ini jelas sangat merusak kehidupan rohani kita. Kita menjadi sulit untuk diisi dan dibentuk karena sudah merasa penuh.

Iman tanpa perbuatan pada hakekatnya adalah mati. So, guys jangan kolestrol rohani. Mari belajar bersama untuk hidup sehat secara rohani. Membaca/melihat, mendengar dan melakukan. Kalau kita belajar maka pasti bisa. Stop menghakimi orang lain dengan Firman Tuhan. Jangan gunakan Firman Tuhan untuk menyindir atau untuk mencapai keinginan pribadi. Firman itu pedang bermata dua jika kita utarakan maka itu bukan hanya untuk yang mendengar tetapi untuk kita yang menyampaikan.

Hosh Hosh Hosh ayo jadi pelaku Firman, supaya kita tidak kolestrol  rohani. Sulit? Tergantung. Tidak ada yang bisa dicapai dengan sempurna tanpa proses dan bayar harga. Pasti ada harga yang harus kita bayar. Mungkin waktu, uang, tenaga, perasaan, dan penyangkalan diri.Daging memang lemah tetapi roh penurut. Ayo berlatih ….:)

Hidup ini keras dan kejam, kalau kita tidak memperlengkapi diri kita dengan persenjataan yang lengkap kita akan tenggelam dalam rutinitas dunia,kesenagan,ataupun penderitaan  yang ditawarkannya. Ingatlah saat kita terlalu nyaman dengan pelayanan kita kita juga akan terlena dan tak jarang kita kehilangan hubungun pribadi dengan Tuhan. Pelayanan tidak bisa menjamin hubungun pribadi kita dengan Tuhan. Jika hubungin pribadi kita dengan Tuhan beres, Dia akan mengajarkan kita cara hidup yang benar tidak hanya secara rohani tetapi juga dengan orang-oang lain di sekitar kita.

 

Salam Hidup Sehat !!!

*Ketuk ketuk kening sendiri utuk mengingatkan diri sendiri  J
Semangat

 

Vince Hutagalung

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: