TMII – Perjalanan Mengenal Jakarta 2

Kenal dengan gapura ini ?

P1110388

Yup benar ! Itu adalah gapura TMII (Taman Mini Indonesia Indah).Salah satu tempat umum di Jakarta yang sudah dikenal orang Jakarta dan sekitar, tetapi  belum pernah saya kunjungi.

Lebaran hari kedua di 2014 saya mengunjungi TMII. Mumpung Jakarta sepi, jadi saya pakai menikmati jalanan Jakarta yang lumayan sepi.

Saat itu utnuk mencapai TMII saya naik busway dari Kampung Melayu.

Dari Kampung melayu , naik busway jurusan kampung rambutan dan turun di Cawang UKI.Dari Cawang UKI naik busway jurusan Pinang Ranti dan turun di Halte Garuda Taman Mini. Kemudian keluar dari halte dan menuju perempatan dan naik angkot TO1, TO2 atau 40 ke TMII pintu 1 atau 3. Ongkosnya saya lupa, Klaau tidak salah Rp. 5000.

Akhirnya sampai deh di TMII. Tiket masuknya Rp.15.000. Tapi untuk masuk ke setiap museum biasanya dipungut biaya lagi. Rata-rata setiap museum di bandrol Rp. 15.000 juga.

Sampai TMII sepertinya  suasana mendung.

Museum pertama yang saya masuki adalah Museum Indonesia. Haduh ternyata ramai temans. Susah mendapatkan foto tanpa ada orang-orang :). Suasana sore itu enak, agak mendung tetapi belum hujan.

Museum Indonesia.

Museum Indonesia.

Museum Indonesia.

Museum Indonesia.

Di dalam Museum Indonesia, kita bisa menemukan pakaian daerah seluruh Indonesia. Hmm, tapi seingat saya pakaian adat batak Toba tidak ada , adanya Batak Karo. Foto-foto yang lain berpasangan tetapi foto Batak Karonya sendirian.

Ada juga rumah adat, ciri khas-cirikas daerah Indonesia. Not badlah.

Ada Wayang Orang.(Beanrkan ya istilahnya wayang orang?)

Ada Wayang Orang.(Benarkan ya istilahnya wayang orang?)

Ada alat Musik. masih banyak alat musik lainnya dari daerah-daerah di Indonesia.

Ada alat Musik. masih banyak alat musik lainnya dari daerah-daerah di Indonesia.

Ada Pakaian daerah.

Ada Pakaian daerah.

Ada Dapur Batak. Dapur memang punya makna khusus bagi orang batak.

Ada Dapur Batak. Dapur memang punya makna khusus bagi orang batak.Tapi Gambarnya kabur.

Berkeliling melihat-lihat potret kekayaan Indonesia. Saya pindah melihat bagian lainnya. Saya lupa lt 1 atau lt 2.

Disana juga ada mata uang, perayaan-perayaan khas area. Perhiasan , alat -alat berburu apalagi ya. saga agak lupa temans.

Mata Uanga yang pernah di pakai di area-area Indonesia

Mata Uanga yang pernah di pakai di area-area Indonesia

Bosan berkelilig, saya naik ke menara pandang Museum Indonesia. Naik ke menara Pandang tangganya jorok. Banyak kotoran merpati. Dari Menara Pandang, kita bisa melhat sekeliling TMII dari sekitar museum Indonesia.

Beberapa View dari Menara/Ruang Pandang.

P1110450 P1110447 P1110446 P1110445

Okeh, Sudah bosan waktunya pulang.

Langit tampakanya semakin mendung saja. Buru-buru pulang sebelum kehujanan, tapi seingat saya, saya tetap kehujanan.

P1110399

Jalan-jalan mengenal Jakarta 2 sudah selesai.

Selamat Bermain Teman.

Salam

Vince Hutagalung

Leave a Reply

