Balige – TB Silalahi Centre

IMG_6828

Saya lupa ketempat ini kapan  :),kalau tidak salah Agustus 2012.

Kita berjalan-jalan ke area tanah Batak dulu ya temans. Balige adalah ibukota dari kabupaten Toba Samosir.

Dulu kalau di bimbingan belajar saya kedatangan anak-anak SMU Yasop, saya suka minder dengan kemampuan otak anak-anak Yasop. Mereka pintar-pintar dan cerdas luar biasa. Padahal Yasop (Yayasan Soposurung ) ini ada di Balige yang bisa di bilang kampung. Maka tak jarang, sangat banyak orang tua yang menginginkan anaknyanya masuk Yasop. Seingat dan sepengetuan saya, Yasop ini lebih mengutamakan penerimaan putera daerah dan juga lebih mengutamakan pengembangan karakter. Maka tak heran ketika saya bertemu dengan mereka di bimbingan belajar mereka cukup rendah hati, tetapi sangat bekerja keras. Nilai kuis nya selalu tinggi dan hasil try outnya selalu lulus jurusan favorit seluruh universitas di Indonesia.

Ah, saya terlewat memotret sekolah ini sewaktu melewati sekolah ini.

Perjalanan saya waktu itu hanya menyinggahi T.B Silalahi centre. Kebetulan saat itu menghadiri resepsi pernikahan teman kantor.

T.B Silalahi centre merupakan museum batak yang didirikan oleh T.B Silalahi.

Suasana sehabis hujan membuat suasana T.B Silalahi yang juga berada di tepi Danau Toba membuat suasana hati sangat baik. Saya selalu suka dengan aroma Danau Toba. Saya bisa duduk berlama-lama dipinggiran Danau Toba ketika mengunjungi kakak saya yang pada waktu itu tinggal di Balige. Biasanya saya main ke teluk atau ke Lumban Silintong

(Maaf saya tidak bisa memberikan foto Lumban Silintong karena file saya hilang 😦  )

Berikut adalah Gambar terbaiik dari Musem TB Silalahi centre yang saya punya.Foto lainnya sudah lenyap, diakibatkan kerusakan harddisk.

IMG_6831

Di dalam museum ini temans bisa melihat benda-benda dari negara lain yang diperoleh TB Silalahi selama bertugas. Mobil dinasnya dahulu, informasi mulai dari presiden pertama ,.senjata yang dipakai selama bertugas ,bahkan sampai kursi dan meja sewaktu TB Silalahi semasa SD juga ada.

Sekelumit foto suasana Museum TB Sialahai centre.

IMG_6853 IMG_6865 IMG_6869 IMG_6870 IMG_6884 IMG_6857

Suasana di luar Museum karena ada di tepi Danau Toba membuat saya betah duduk berlama-lama di sini.

Di minaitur Rumah Batak karo. Ini foto terbaiik yang tersisa juga yang menunjukkan ada danaunya :(

Di minaitur Rumah Batak karo. Ini foto terbaik yang tersisa juga yang menunjukkan ada danaunya 😦

Di sini juga ada Helikopter , dan Tank yang dipakai TB Silalahi sewaktu bertugas di TNI – AD.

IMG_6829IMG_6834

Disini juga ada “miniatur ” Huta(kampung) Batak.

IMG_6893

Dalamnya seperti ini temans. Jadi ada deretan rumah-rumah Batak Toba, dan juga ada alat musiknya.

IMG_6895

IMG_6907

Puas berkeliling , saya dan teman-teman juga  berfoto ria di area TB Silalahi centre.

IMG_6920IMG_6896

Oh ya saya juga berkunjung ke Gereja tertua di Balige temans.

IMG_6807IMG_6802

Banyak foto sayanya ya temans. Maaf, foto tanpa subyeknya pada hilang semua.

Dalam gerejanya kira-kira seperti ini.

IMG_6786 IMG_6785

Di dekat area ini juga ada Onan (Pasar) tapi saya tidak bisa memberikan fotonya, filenya hilang.

Silahakan temans main dan lihat sendiri saja ya .

Segitu saja dahulu cerita dari Bailge ya.

Salam

Vince Hutagalung.

One Response to “Balige – TB Silalahi Centre”

  1. […] Parapat , tempat lain yang bisa teman datangi adalah Balige, Taman […]

Leave a Reply

