Siantar Punya Cerita

Becak Siantar

Becak Siantar

Ini becak Siantar temans. Sepintas mirip bajaj ya temans. Setiap menaiki becak  ini, saya selalu terpikir siapa yang mendesign becak Siantar ini. Karena naik dan turunnya  cukup susah. Ya, lebih susah naik becak Sibolga sih daripada Siantar hahaha. Tapi demikian kota ini membawa keunikannnya tersendiri.

Saya tidak terlalu paham sih dengan kota Siantar. Saya mendatangi kota ini hanya setiap retret sekolah, atau lewat setiap menuju Danau Toba dari Medan.

Kotanya bersih dan katanya sih kota para preman. Tapi tiap kesini ga pernah ketemu para premannya.

Biasanya setiap ke Siantar saya singgah di  simpang lima. Berkuliner ria. Sudah pasti banyak menu  babinya ya temans.

Mulai dari pangsit babi, bakpao babi, capcay babi , pokoknya banyak babinya dah. Ya, tidak semua sih bermenu babi ada juga kok kue pancung, leker dan aneka jajanan lain. Atau temans juga pengen makan arsik , panggang ya itu juga ada di kota ini.

Salah satu khas dari kota ini lagi adalah Badak. Root beer prosuksi lokal siantar.Ada sejak zaman Belanda (VOC ) tapi tepatnya tahun berapa saya malas googling temans haha). Rasanya enak menurut saya. Lebih enak dari coca cola dan 11-12 lah dibanding AW. Waktu kecil saya  menyebutnya Sarsaparila. Badak di kota Medan juga bayak dijumpai terutama di rumah makan batak atau karo. Tetapi di supermarket atau kedai kelontong biasa jarang dijumpai.

Badak, minuman khas dari Siantar

Badak, minuman khas dari Siantar

Setiap ke simpang lima saya juga makan pangsit sih. Sensasinya beda aja kalau beli di Medan ama di Siantar. Ga tahu kenapa, cuma mindset aja kali ya.(Foto penampakan si  pangsit tidak ada temans, saya kehilangan filenya. Selain filenya  rusak, HP saya  juga kerendam air, jadi tidak ada file tersisa).

O, setiap saya jalan ke Siantar, pasti ada yang  minta dibeliin selai Srikayaya Siantar (Lagi-lagi ga ada fotonya ). Selainya hanya dikemas seperti dalam aqua cup gitu temans. Biasa banget kemasannya, Biasanya belinya adalah di Roti Ganda.

Saya sih lebih suka selai dari kedai  sebelah Roti Ganda haha, tidak terlalu manis. Tapi memang Srikaya Siantar memang beda sih dibanding yang lain. Biasanya juga orang-prang suka beli roti di Roti Ganda. Kalau temans mau kesini jangan khawatir seantereo Siaantar tau dimana Roti Ganda berada.Walau cuma seperti toko kecil biasa antrianya ampun panjangnya. dan sering kehabisan temans. Rasanya menurut saya sih biasa, tetapi mungkin sensasinya yang beda ya, ditambah dengan bentuk rotinya yang juga memang besar-besar tidak biasa seperti pada umumnya.

Ini tampilan toko Roti Ganda temans.

Rotii Ganda Siantar

Rotii Ganda Siantar

Disekitaran roti ganda ini juga banayak jajanan lain kok temans, bahkan kedai kopi yang dikelola modern juga banyak.

Salah satu yang  dekat roti Ganda adalah kopi Kok Tong.

IMG_6525

O ya, ada lagi yang terkenal dari kota Siantar, yaitu Pajak Horas. Jika orang sumatera utara menyebutkan Pajak berarti artinya pasar ya temans :).Jadi Horas itu adalah nama pasar di Siantar. Ya seperrti pasar tradional pada umumnya ya. Rame, riuh , bau keringat , bau daging semua bercampur jadi  satu hahaa.

Apalagi ya. Jangan lupa juga berkeliling kotanya, singgah di tempat-tempat hip, nongkrongnya anak muda siantar ya.

Segitu aja dulu cerita dari Siantar ya temans.

Terima Kasih dan Selamat Bermain

Salam

Vince Hutagalung.

Advertisements

3 Responses to “Siantar Punya Cerita”

  1. jadi pengin roti selai srikaya-nya 😦

  2. […] Setelah Parapat , tempat lain yang bisa teman datangi adalah Balige, Taman Simalem,Siantar […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: