Bawa Kembali Sampah Kita

Ini adalah beberapa view cantik dari pulau  Dolphin.Tapi ada yang ngenes di Pulau Ini. Pulau tak berpenghuni ini sudah mulai dipenuhi sampah. Saya bukanlah aktivis lingkungan atau pecinta alam akut, tapi bisakah ingatkan siapapun temans, keluarga atau diri sendiri setiap main ke pulau atau ke gunung atau kemanapun bawa kembali sampah masing-masing pulang. Tidakkah 5 tahun yang akan datang kita masih ingin melihat pulau–pulau atau tempat wisata lainnnya masih tetap cantik dan tidak rusak karena kita. Atau memang mengiginkan tempat-tempat cantik ini hanyalah tinggal cerita belaka.

P1140978 P1160021 P1160032

Setiap pulau yang  pernah saya  datangi di Pulau seribu, rata-rata seperti sudah menjadi tempat pembungan sampah. Pantai dan pulaunya kotor. Kecuali pulau-pulau yang dikelola secara private seperti pulau Panjang.

Perjalanan kali ini icukup menyenangkan temans. Camping yang seru. Tapi saya  ceritakan lain waktu ya tentang perjalanan ini. Saya sedang ingin menumpahkan unek-unek saya  tentang sampah yang dibuang sembarangan di tempat ini. Sewakatu kapal kami akan bersandar di Pulau harapan dari pulau dolphin, kami melihat sekumpulan orang dengan wajah-wajah yang sepertinya terdidik, berpakaian necis dan dengan santainya menumpahkan sampah bekas minuman mereka yang mereka habiskan di ferry ke laut. Botol-botol teh pucuk dan aqua semua mereka curahkan begitu saja ke laut. Spontan kita kaget dan teriak “Woi ” pada kapal di sebelah dan mereka malah jawab ” Apa”.

Enggak taulah apa sebenarnya yang mereka pikirkan sampai mereka tega melakukan itu. Bagaimana jika ada orang yang membuang sampah-sampah itu ke halaman rumah mereka. Pasti mereka nagmuk dan mungkin lapor polisi.

Trend traveling dan backpaker yang semakin menjamur, terkadang juga membuat orang hanya ingin ikut-ikutan trend traveling/backpacker. Jadi sebagian orang melakukan hanya karena trend dan juga karena mereka punya uang.

Saya remind diri sendiri juga sih, untuk tidak melakukan hal-hal tersebut. Miris loh temans lihat sampah-sampah itu.

Kita datang ke tempat-tempat cantik itu bukan sekedar agar PP bisa ganti dengan photo yang  keren. Upload foto jadi banyak dan eksis. Bukan hanya sekedar itu. Masih ada orang yang ingin menikmati tempat-temat cantik itu 5 atau puluhan tahun kedepan, tapi mungkin hanya akan jadi legendda saja.

Jangan main kalau tidak siap membawa sampah anda pulang. Jadilah lebih bertanggung jawab sedikit. IQ tinggi tanpa EQ tampaknya  tidak bagus juga.

Udah ya teman cerita sampahnya. Sampai ketemu di cerita Pulau Harapan, Pulau Panjang dan Pulau Dolphin.

Selamat bermain
Salam

Vince Hutagalung.

Advertisements

3 Responses to “Bawa Kembali Sampah Kita”

  1. After checking out a few of the blog articles on your site,
    I seriously like your technique of blogging. I bookmarked it to my bookmark website list and will
    be checking back soon. Please visit my web site too and let me know your
    opinion.

    • Hi,

      Thanks for liking my Site. I visited your site. Interesting Site :).

      Because i love too tell my experice in my “playing “, i hope there is testimoni area in your site. So i can share my story after i visited the island in yhour site .

      Honestly, my blog just an amateur blog :). I just worry , if im not write down my experice, i will forget them little by little. But i realy happy, when there is one like my blog.

      So many thanks

      Vince

  2. Saya pernah mengunjungi pulau tidung salah satu pulau di kepulauan seribu, dan pemandangan lingkungan di sana masih bagus dan bebas dari sampah.
    Ya masalah kesadaran akan kebersihan sampah tidak ditentukan dengan faktor tingginya pendidikan, namun lebih kepada tingkat pendidikan moral.
    Saya sendiri berharap bisa menyediakan banyak tempat sampah di berbagai area wisata kepulauan… karena di situ rawan para wisata untuk membuang sampah sembarangan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: