STIFF – Kehidupan Ganjil Mayat Manusia.

IMG_20150627_140047[1]

Ini  Buku ngeri-ngeri lucu. Saya terrtarik membeli buku ini karena sewaktu ke social agency Yogyakarta ,buku ini tanpa sengaja saya tarik dari tumpukan buku-buku. Sebelumnya saya tidak kepikiran membeli buku ini, bahkan saya tidak  tahu tentang buku ini.Karena itu buku sudah kepalang ada di tangan saya, iseng saya buka-buka sebentar, eh tetiba saya malah keasikan membacanya, ya akhirnya saya beli deh ini buku.Hmm, terjemahannya sih kurang luwes, mungkin karena ini sebenarnya buku ilmiah ya. Novel  ilmiah kali ya haha. entahlah. Tapi saya suka buku ini. Saya dibawa pada hal-hal yang  sebelumnya  saya tidak ketahui.

Siapa yang sangka kalau untuk pengujian sebuh mobil baru, ternyata mayat manusia dipakai untuk percobaannya? Entahlah ini berlaku untuk semua mobil atau tidak. tapi yang pasti di dalam buku ini diutarakan bahwa mayat didudukkan pada kursi pengemudi. Kemudian mobil dengan kecepatan tertentu , dengan mayat sebagai “pengemudinya” dibiarkan melaju dan menabrak  tembok.Dari hasil percobaan-percobaan tersebut akan bisa diketahui pada kecepatan maksimal berapa mobil aman dikendarai . Artinya  jika pada kecepatan maksimal tersebut terjadi kecelakaan nyawa sang pengemudi bisa terselamatkan. Bayangkan mayat mengemudikan mobil, ditabrakan pada tembok, di chek organ tubuh yang rusak  atau selamat,keputusan diambil mobil dibuat . Saya tidak pernah terpikirkan hal ini sebelumnya. Saya pikir ya percobaannya percobaan di lab saja, tidak ada yang  begini-beginian. Tentu saja biasanya  mereka memakai mayat yang tidak dikenal. Semisal orang jalanan atau perampok etc. Tetap saja itu mengerikan bagi saya, untung saja si Mbak Mary Roach menceritakan novel anehnya ini dengan lelucon. Tapi si mbak Mary ini benar-benar melakukan penelitian loh sebelum membuat novelnya. Tidak berdasarkan asumsi semata.

Diungkapkan juga pada tahun 1700 an banyak mayat-mayat yang hilang, kuburan dibongkar. Bahkan para mahasiwa kedokteran juga melakukan itu untuk melakukan praktek dan pelajaran mereka.

Bayangkan, jika anda mahasiswa kedokteran bedah plastik. Saat masuk ke kelas tiba-tiba di depan ruang kelas teman-teman ada kepala  manusia dengan darah segar yang masih menetes dari lehernya, karena kepala itu baru dipisahkan sesaat setelah orang tersebut meninggal ,sebelum itu mayat kaku. Dan anda harus membedah wajah orang itu untuk mempraktekkan pembedahan operasi plastik, melihat jaringan-jaringannya , membedah otaknya. Mereka bahkan menamai mayat yang  “dipenggal” itu. dan biasanya mereka juga memberikan penghormatan karena mayat itu telah mereka bedah.

Selain kepala, bagian tubuh yang  lain juga bisa disebar ke bagian departemen yang lain. Mungkin departemen lain membutuhkan jantungnya, membedah perutnya etc. Jadi berterimakasihlah pada mayat-mayat itu temans.

Ada banyak hal tentang mayat disini. Diceritakan juga bagaimana bayi-bayi diborsi dan orang berendam dalam bathtub berisikann darah-darah bayi yang dibaorsi itu dengan alasan agar awet muda.

Pokoknya banyak hal tentang mayat deh temans,bahkan kanibalisme juga ada diceritakan.

Itu saja ya temans,jika tertarik coba saja dicari dan dibaca bukunya.

Selamat Membaca

Salam

Vince Hutagalung.

Leave a Reply

