Sangiang

IMG_20150801_121239_HDR

 

Begitu menginjakkan kaki di Pulau Sangiang, team kita diusir oleh kopasus atau polisi hutan atau penjaga yang dibayar oleh “pemilik” baru Sangiang.Jadi Sangiang sekarang sudah disewa oleh orang pribadi temans. Saya kurang tahu sejak kapan. Jadi rombongan kita diusir karena masuknya lewat masyarakat setempat. Artinya ya TL kita bayar segala sesuatu dan perizinannya lewat masyarakat. Tidak lewat para “penjaga keamanan yang dibawar oleh sang penyewa sangiang sekarang. Untungnya kita tetap bisa masuk karena masyarakat yang tetap ngotot mengijinkan kita masuk. Kebayang saja, kalau kita harus pulang karena ga dapat ijin :D.

Dari sedikit tanya-tanya dengan si Bapak , katanya ada 40 KK yang tinggal di Pulau Sangiang sekarang. Sebelumnya ada 90 KK. Tetapi karena tanahnya dijual kepada pemilik baru sangiang jadinya mereka meninggalkan Sangiang. 40 KK yang tertinggal adalah KK yang masih mau tinggal di Sangiang. Kata si bapak sih, sebenarnya pemilik Sangiang yang sekarang maunya semua penduduk nya tidak ada lagi yang tinggal di Sangiang. Saya sih tidak paham ya yang terjadi di Sangiang.Tapi dari situ terbaca tampaknya antara pemilik Sangiang dan penduduk yang tinggal disitu tidak akur. Saya juga bertanya-tanya sih sebenarnya peraturan sewa-menyewa Pulau oleh orang pribadi itu seperti apa. Tanggung jawab si penyewa pulau terhadap penduduk setempat bagaimana saya juga tidak paham.

Selama di Sangiang, beberapa kali TL kita dipanggil untuk bertemu dan polisi hutan sangiang. Tapi TL kita ngotot minta para polisi hutannya yang datang ke lokasi camping kita. karena kita tidak merasa ada salah apa-apa, karena semua izin sudah dilakukan dengan masyarakat.Ya tapi tampaknya intinya ujung-ujungnya duit kali ya. entahlah saya tidak paham. Tapi dari kejadian seperti ini gemes juga,apa tidakbisa  itu si para polisi hutan dan masyarakat duduk semeja membicarakan dulu untuk biaya atau perijinan setiap pendatang yang datang. Jadi ada 1 loket. Jangan dengan masyarakat beda dengan polisi hutannya juga beda. Tau dah ah, kita tinggalkan saja urusan itu yak, curhat selesai, kita beralih tentang perjalan camping si Sangiang saja.

Dari Jakarta kita berangkat menuju simpang Cilegon (Ongkosnya Rp. 30000). Dari simpang Cilegon ke Dermaga Paku naik angkot. Nah angkot ini dibayar untuk rombongan. Dari Dermaga Paku ke Sangiang . Ketika akan memasuki kawasan Pulau Sangiang saya  mulai melihat ada sampah-sampah yang terapung. Entah itu sampah dari masyarakat, entah dari pendatang, entahlah. Ini  dia salah satu foto penampakan sampah-sampah yang mulai mengotori laut Sangiang.

P1160763

 

Kemudian kita mulai masuk ke kawasan bakaunya dan sampai di Sangiang. Karena mungkin ini musim kemarau, suasananya panas dan gersang. Kita menitipkan barang-barang kita di balai-balai di sekitar perumahan penduduk, dan langsung siap-siap untuk snorkling. Sebagai informasi ya temans, Sangiang menurut saya kurang bagus untuk snorkling,lebih banyak spotnya untuk diving.Kita juga beberapa kali bertemu dengan para diver yang ingin melakukan spearfishing.Spot pertama snorkling ke Tanjung Bajo. Dari beberapa informasi yang saya googling tanjung bajo ini sudah kotor dan tercemar sampah. Tetapi untung saja guidenya  membawa kita ke tempat yang tidak banyak sampahnya.Kecipak-kecipak main air deh. Kemudian kita pindah spot ke tempat lain, saya lupa namanya apa .Maafkan ya permirsah. Dan ini juga tanggal di kamera saya salah seting. Tahunnya 2014 :(. Haha. Rata-rata yang tertangkap kamera pemandangan lautnya seperti ini. Karena saya sudah “berhenti”  memanggil ikan dengan roti saya mencoba sabar menanti. Tapi tampaknya mereka enggan nongol.Nah kalau untuk diving sangiang punya spot yang bagus temans. Begitulah informasi  yang saya  dapat.

CAMERA

CAMERA

CAMERA

CAMERA

Selesai snorkling kita lansung balik ke Sangiang dan tanpa bilas terlebih dahulu langsung treking ke Gua Kalelawar. Perjalannya  tidak terlalu jauh kok, sekitar 30-45 menit perjalanan. Tidak ekstrim kok perjalanannya  . Menurut saya loh ya. Sewaktu  masuk di hutannya yang “ber-rawa” ada banyak lubang-lubang kepiting yang gede-gede. Saya tidak ambil dokumentasinya 🙂

P1160772 P1160774 P1160775

 

Setelah skitar 40 menitan perjalanan aroma kotoran kalelawar mulai menyengat dan suara nyaring kalelawar dan deburan ombak yang deras sekali berpadu indah.

Silahkan dilihat videonya  disini temans.

<a href=”https://youtu.be/2WYHvvZVq7w“>Gua Kalelawar Sangiang</a>

Suasana di dekat Gua Kalelawar ini adem, karena air kali ya. Jadi cukup menyapu keringat sewaktu treking kesini.

IMG_20150801_113537_HDR IMG_20150801_114134_HDR IMG_20150801_115140_HDR

Gua ini  tidak bisa dieksplore. Katanya disini ada hiunya hehe. Yang pasti ombak nya  keras sekali . Ujung mulut guanya  langsung ke laut lepas. Ini dia ujung mulut guanya. Yang bisa dilihat dari Bukit Begal.

P1160819

Setelah puas bermain di Gua Kalelawar kita bergerak menuju  Puncak Begal.Sedikit naik-naik ke puncak gunung lah ya. Namanya  Puncak Begal, Serem ya namanya hehe. Tapi pemandangannya keren. Apalagi lihat dan dengar suara ombak yang menderu.

P1160816 P1160821

 

Dari Puncak Begal kita menuju Saung Tungku. Ya sekitar 20-30 menit perjalanan dari Bukit Begal.

Nah kawasan Gua Kalelawar, Bukit Begal dan Saung Tungku bersih temans. Kalaupun ada sampah, sampahnya adalah sampah bawaan.

Ini di Saung Tungku. Saya kurang tau kenapa namanya Saung Tungku, mungkin karena bentuknya seperti tungku ya.

Ini beberapa dokumentasi di  sekitar Saung Tunggku.

P1160832 P1160839 IMG_20150801_124221_HDR

 

Main-main sepuasnya disini dan akhirnya kita balik. Udah lengket masih asin, belum mandi sehabis snorkling.

Akhirnya kita mandi dan menuju tempat tenda kita.Kita nenda di Pantai Pasir Panjang. Enak dan nyaman lokasi nendanya. Pasir Panjang juga bersih, sampah yang ada adalah sampah bawaan.

IMG_20150801_162641_HDR IMG_20150801_162834_HDR P1160903 P1170020

 

Setelah makan kita beristirahat menikmati suasana di Pasir Panjang. Api ungunanan , lari-larian, sekedar duduk -duduk sambil nyanyi sumbang.

P1160877 P1160903 P1160888 IMG_20150801_184336_HDR IMG_20150801_184422 P1160929 P1160911 P1170019 P1170003 P1170002 P1160991 P1160976 P1170020 P1160903 IMG_20150801_162834_HDR IMG_20150801_162641_HDR

 

 

Kita main sampai capek dan puas sampe akhirnya tidur.

Paginya….

Pukul 11 kita berangkat meninggalkan Sangiang. Da dah Sangiang, semoga pengelolaan lebih baik dan bersahabat dan alamnya tetap bersih lebih terawat kalau bisa :).

 

Itu saja ya temans cerita dari Sangiang.

Selamat bermain.

 

Salam

Vince Hutagalung.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: