Seputar Medan

IMG_0865

Setiap kota selalu memiliki kemungkinan untuk berubah. Baik itu berkembang ke arah yang positif atau negatif. Medan, kota ini kota yang pernah saya tinggalin selama saya SMU dan kemudian selepas kuliah.Jadi saya  tinggal di kota ini lebih kurang 8 tahun. Saya ingin menuliskan beberapa sudut kota  yang pernah saya  kunjungi dan saya ingat. Saya dari Sumatera Utara , tetapi saya bukan asli Medan. Saya dilahirkan di Rantau Prapat.

Nah, karena saya pernah tinggal di Medan, saya ingin menuliskan beberapa sudut kota ini yang masih saya ingat.Mungkin ada yang singgah di Medan dan igin berjalan-jalan sejenak di kota ini.

Istana Maimun.

Bangunan ini didominasi dengan warna kuning. Cukup bagus sebenarnya, tetapi ya kurang terawat. :). Disinilah dahulu sultan deli tinggal.

Alamat Istana Maimun : Jl. Brigjen Katamso, Medan
  • Buka:  pukul 08.00- 17.00 WIB
  • Tarif masuk : Anak -Anak Rp 3000, Dewasa : Rp5.000

 

Rumah Tjong A Fie.

Rumah Tjong A Fie ada terletak di area Kesawan square. Ada di Depan restoran pertama di kota Medan yaitu Tip Top. Maafkan saya, saya tidak punya dokumentasi rumah Tjong Afie,karena saya kehilangan  file sebagian foto-foto saya. Teman silahkan googling ya untuk mengetahui gambaran rumah Tjong A Fie. Begitu juga dengan restoran Tip Top. Terakhir saya ke restoran ini,  saya kurang merasa puas lagi. Entahlan karena suasananya yang mulai berubah. Tetapi saya sudah tidak menjadikan ini sebagai fav saya lagi. Rumah Tjong A Fie, Restoran Tip Top dan Merdeka Walk ini areanya berdekatan loh teman.

 

Merdeka Walk

Merdeka Walk ini ada di depan Stasiun Besar Kereta Api Medan. Tempat anak-anak Medan suka main. Lumayan cozy sih teman sewaktu saya terakhir ke Merdeka Walk. Tetapi ya masih rating 2,5 dari 5 lah 😛

 

 

Mesjid Raya

Mesjid ini buka setiap hari. Cuma tidak untuk masuk ke dalam ya :). Kecuali jika memang akan sholat . Mesjid ini ber alamat di Jalan Sisingamangraja Medan.

 

Bangunan-Bangunan Tua Sekitar Merdeka Walk dan Kesawan Square. 

Di sekitar Merdeka Walk, ada cukup banyak gedung yang tua. Gedung-gedung peninggalan Belanda.

Gedung -gedung tersebut antara lain: Bank Indonesia, Lonsum (London Sumatera) , Pos Indonesia

Oh ya disekitar area ini juga lah titik nol km nya medan. Ditandai dengan tugu Bang Sumut. Ini dia.

IMG_0839.JPG

 

Maha Vihara Maitreya

Vihara ini sangat luas dan asri. Kalau jalan-jalan sore menyenangkan. Tetapi jangan ganggu teman-teman kita yang sedang beribadah ya. Katanya sih ini Vihara tergede di Asia Tenggara.186013_kuil-cemara-medan_663_498

 

Tempat Kuliner di Jalan Semarangdan Jalan Asia. 

Jalanan ini kala malam cukup semarak. Aneka jajanan terpajang di pinggir jalan. Tetapi untuk teman-teman yang tidak bisa memakan babi dan sebangsanya sebaiknya tanya dulu ya. Tetapi makanan halalnya juga banyak kok.Saya cuma punya foto ini saja , yang lain tidak ada lagi .

 

Itu saja dulu ya temans. Jika temans memiliki kesempatan main ke Medan, mungkin sedikit banyak ini bisa membantu. Sedikit hahaha. Mungkin sekarang kota ini sudah berubah cukup banyak 🙂

 

Selamat Bermain Temans.

 

Salam

Vince Hutagalung

 

3 Responses to “Seputar Medan”

  1. waks, itu kok banyak penampakan ya di Istana Maimun sama Medeka Walk 😀

Leave a Reply

