Gunung Ungaran

…dan pagi itu alam memberikan senyuman indahnya lewat bunga dan matahri yang terbit. Saya cukup duduk diam menikmati keindahan ini.

Gunung Ungaran setinggi 2050 mdpl ini menurut saya gunung rasa 3000.Entah karena badan saya  yang sedang lemah entahlah. Tetapi menurut saya sih trek sewaktu summit dari promasan ke puncaknya lumayan menguras tenaga. Saya cukup kelelahan, tetapi sampai juga di puncaknya.

Perjalanan dimulai dari stasiun Senen dan pagi hari pukul 6 pagi kami  sudah sampai si stasiun Poncol. Cari sarapan dan kemudian charter angkot untuk ke Jimbaran, menuju basecamp Mawar.Sebelum pendakian, kami  belanja logistik dulu di Pasar Jimbaran. Karena angkotnya cuma diperbolehkan sampai  Sidomukti , tidak sampai basecamp mawar maka kami mulai berjalan kaki dari sana ke basecamp. Lumayan jauh . Mungkin sepertinya bisa kendaraan sampai di basecamp cuma kami saja yang tidak tahu prosedurnya. Sesampainya di basecamp kita istirahat dan siap-siap untuk naik. Hujan mengguyur  dengan derasnya, membuat kami yang sedang baring- baring malas untuk bergerak. Tetapi kalau menuggu hujan berhenti kita tidak akan sampai-sampi  di atas, maka kita putuskan bergerak di tengah hujan deras.

Untung saja medannya  cukup landai, hanya ada beberapa tanjakan yang cukup tinggi.Seperti pada umumnya karakter gunung di Jawa Tengah, jalannya “melipir”.Pinggirnya jurang (tetapi masih relatif aman ) dan bisa lihat pemandangan cantik. Kalau gunung di Jawa Barat saya perhatikan, langsung membelah hutan. Jadi jalan di tengah hutan.

Sesekali kita beristirahat sebentar sambil mengambil foto.

Melihat jalan yang  cukup  landai sewaktu menuju Promasan, saya berpikir jalan untuk menuju puncaknya juga akan landai seperti ini. Saya cukup lega, karena badan saya sedang agak tidak enak. Sekitar 2 jam perjalanan kami sudah sampai di Promasan dan mulai mendirikan tenda. Dan sewaktu tenda diirikan ternyata tenda yang dibawa untuk kapasitas 6 orang rusak . Hff kita sudah siap bakalan sempit-sempitan di tenda, atau tidur di luar dengan matras dan sleeping bag saja. Eh , untung saja teman-teman dari Habitat melihat tenda itu dan memperbaikinya. Jadilah semua bisa masuk tenda.

Setelah tenda didirikan saya langsung ganti baju. Kita mulai makan malam dan masak memasak. Selesai makan  sayapun langsung tidur. Karena pukul 02.00 kita berencana summit , jadi saya memanfaatkan waktu untuk tidur sebaik mungkin. Saya cukup tau diri, kalau badan saya sedang tidak enak. Pukul 01.00 Dini  hari kita mulai siap-siap summit. Memanaskan air hangat dan mempersiapkan bekal untuk summit. Karena jalan dari Mawar ke Promasan cukup landai saya pikir jalan  ke puncaknya cukup landai. Ternyata oh ternyata pemirsah, jalannya konsiten naik , bebatuan dan tidak ada bonus. Setelah 3 jam perjalanan akhirnya kami sampai di atas, bertepatan dengan matahari  mulai terbit.

Setelah puas diatas kita akhirnya  turun. Dan sewaktu turun mulai terlihat jalan bebatuan yang cukup curam . Ah, saya menikmati perjalanan kali ini, walaupun badan saya seperti diinjak 2 gajah. Kaki saya sudah mati rasa. Badan saya sudah mulai susah diajak kerjasama tetapi dengan jalan pelan-pelan akhirnya sampai juga di Promasan kembali. Segera saya makan roti , menegak obat dan beristirahat.

Saya masih mendegar teman-teman tertawa , bersenda gurau dan bercengkrama sampai saya jatuh tertidur beberapa saat. Pukul 11 kita akhirnya memutuskan turun  untuk mengejar kereta balik ke Jakarta.

Saran saya jangan gunakan sendal untuk jalan ke puncaknya . Baiknya pakai sepatu gunung, karena kaki akan terasa lebih nyaman.

Apa lagi  ya? itu saja deh dulu cerita dari Gunung Ungaran.Semoga setiap perjalanan yang kita lakukan bukan hanya tentang kepuasan menantang medannya.Datang dan pulang dengan selamat tetaplah harus jadi tujuan utama juga.