TORAJA dan Londa

p1210706

Sehabis dari Gunung Latimojong, kami masih ada sisa satu hari lagi. Maka kami manfaatkan waktu kami satu hari tersebut dengan berjalan-jalan ke Toraja.Padahal kaki dan badan udah remuk rasanya.

Tempat pertama yang  kami datangi adalah kete’kesu. DI tempat ini teman bisa melihat kuburan di tebing batu/gua.Tengkorak-tengkorak manusia tersebar di tempat ini . Entahlah keluargan yang meniggal masih ada atau tidak.

Suasasan sore itu rintik-rintik. Biaya masuk ke tempat ini adalah Rp. 10.000.

Setelah berjalan sekitar 2 menitan ke dalam , teman-teman akan melihat sekumpulan rumah adat Toraja yang disebut Tongkonan.Di Tongkonan temans akan melihat ada tanduk  kerbau digantung di depan rumah. Informasinya banyaknnya tanduk kerbau menggambarkan sudah berapa banyak pesta kematian yang sudah dilakukan oleh keluarga ini. Sewaktu saya kelilingi  rumahnya, disamping rumah mereka juga ada rahang kerbau tergantung.

Berjalan lebih ke dalam lagi, temans akan melewati toko-toko souvenir atau kerajinan. Mugkin temans ingin singgah untuk membeli beberapa barang.

Setelah melewati toko-toko temans akan mulai masuk ke area kuburan tebing / guanya.

Setelah berkeliling di area kuburan kete’kesu kami meninggalkan tempat ini dan mulai  bergerak ke Londa. Londa ini juga daerah pekuburan temans. Di Londa ini diburkan keluarga Topang Rappa dan Tolengke. Maka kami  mulai masuk ke dalam guanya.

Kabarnya juga ada kisah romeo dan juliet disini. Pasangan ini tidak diijinkan menikah karena masih ada hubungan saudara, sehingga mereka bunh diri. Namanya adalah Lobok dan Andui. Kepastian benar atau tidak ceritanya saya kurang tau. Saya hanya  mengutip informasi dari guidenya. Mereka mati meninggal gantung diri. Ini kuburan mereka

p1210800

Kami mengelilingi semua area kuburan gua ini dan melihat sangat banyak peti mati dan tengkorak mansia. Semakin putih warna tengkorak itu, menandakan bawahwa tengkorak itut sudah cukup lama jadi tengkorak.

Puas berkeliling kami keluar dari area gua. Di luar gua juga banyak peti mati temans baik yang lama maupun yang baru.

O ya  tiket masuknya juga 10 ribu. Di sana kami jumpai sapi harga milyaran. Sapi Teding Bonga. Sapi  yang warnanya belang. Siapa tau teman mau beli 🙂

Itu saja cerita dari Toraja dan Londa ya temans.Sampai jumpa di cerita lainnya.

p1210811

 

Selamat bermain temans,

 

Salam

Vince Hutagalung

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: