Gunung Ciremai

Kalian pernah dengar cerita nini pelet di Radio ? saya dulu setiap sore, pasti nempel dengan radio untuk mendengarkan ceritanya.Dan dalam cerita Nini pelet ini disebutlah gunung ciremai sebagai gunung yang angker,dan banyak disebutkan di cerita itu. Cerita dari radio tersebut membuat saya suka berimajinasi sendiri.Dan sampai akhirnya dari masa kecil di  Sumatera sana , saya akhirnya menginjakkan kaki di  Gunung Ciremai.

Kapan ya  saya kesini, kalau tidak salah di bulan Juli.Sehabis lebaran. Perjalanan dimulai dari Kampungrambutan. Kami naik dari Palutungan, jalurnya cukup panjang. Kami mulai bergerak naik sekitar pukul 5. 30 Pagi. Dari base camp ke pos 1 itu  cukup panjang loh, bisa  memakan waktu sampai 2 jam. Sampai di pos 1 kami beristirahat sekitar 10 menitan dan kemudian melanjutkan perjalanan.

Untuk jalur pendakian lewat palutungan rutenya seperti ini  :

Cigowong

Simpang Apuy

Gua Walet

Puncak

Rencananya kami camping di Gua Walet agar dekat ke Puncak, tetapi apa daya energi yang tersisa hanya cukup untuk nge-camp di Tanjakan Asoy. Jadi  kami nge-camp di Tanjakan Asoy.Kami sampai di tanjakan Asoy sekitar pukul 15.00 . Ditambah dengan salah seorang peserta cedera. Setelah tenda berdiri kami langsung tidur, mengistirahatkan badan.Keesokan harinya , pukul 02.00 dini hari kami bergerak untuk summit.

Karena summitnya tidak membawa beban keril, perjalanan lebih terasa ringan. :). Pukul 5.30 sampai dipuncak bersamaan dengan matahari  muncul, Cantik   sekali.Saya duduk -duduk di  puncak menikmati sunrise dan suasana pagi di puncak. Berkeliling sekitar setengah jam kemudian kami duduk -duduk menikmati puncak. Sewaktu akan turun,jangan salah ambil jalan ya sewkatu di simpang Apuy.Jangang sampai ambil jalur yang salah. Kalau naik dari  palutungan, jangan turun lewat apuy dan sebaliknya . 🙂

Saya bingung, mau tulis apalagi dikarenakan terlalu lama saya anggurin nih blog. Jadi sampai hampir lupa menuliskan cerita di Ciremai. :). Lagi sedang tidak mood menulis beberapa minggu ini.

Tips mendaki Ciremai :

• Siapkan fisik dan mental. Medannya cukup berat.
  • Siapkan logistik dan air minum yang cukup. Bahkan di musin penghujan gua walet bisa kering sumber airnya.
  • Pakai sepatu.
  • Packing dengan benar.
  • Baiknya prepare perkengkapan P3K dengan baik. Akan lebih baik membawa support engkle , lutut sebagai jaga-jaga jika keselo.

Selamat bermain temans. Itu saja cerita dari Ciremai ya. Maaf sangat minim informatif, karena saya terlalu lama tidak menuliskan cerita ciremai.